Orang Tua Tak Perlu Olahraga?

Seiring bertambahnya usia, olahraga menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Manfaat melakukan aktivitas fisik secara rutin bukan hanya dirasakan tubuh, tapi juga mood dan daya ingat. Olahraga teratur akan membantu meningkatkan energi, membuat bugar, bahkan mengurangi rasa nyeri. Meski Anda menderita gangguan penyakit, banyak jenis latihan yang bisa dilakukan untuk membuat kita tetap aktif. Ketahui 5 mitos seputar olahraga untuk kaum lansia, dan faktanya.

1. Tak ada manfaatnya
Fakta: Olahraga dan latihan kekuatan akan membantu orang tua terlihat dan juga merasa lebih muda serta aktif lebih lama. Melakukan olahraga secara rutin akan menurunkan risiko terkena penyakit yang banyak diderita lansia, seperti demensia, penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan kanker kolon.

2. Orang tua harus banyak istirahat
Fakta: Penelitian membuktikan, gaya hidup sedentari tidak sehat bagi orang yang berusia di atas 50 tahun. Jarang bergerak akan membuat lansia kehilangan kemandirian dan juga keseimbangan.

3. Olahraga meningkatkan risiko jatuh
Fakta: Olahraga jika dilakukan teratur akan membangun kekuatan dan stamina, mencegah berkurangnya kekuatan tulang, dan meningkatnya keseimbangan. Kombinasi semua hal itu bisa menurunkan risiko jatuh.

4. Sudah tua, terlambat untuk mulai olahraga
Fakta: Tak ada kata terlambat untuk berolahraga. Jika sebelumnya Anda tak pernah berolahraga, mulailah dengan berjalan kaki atau aktivitas fisik ringan lainnya.

5. Tak kuat berdiri lama
Fakta: Ada banyak jenis latihan olahraga yang bisa kita sesuaikan dengan kondisi tubuh. Anda bisa bergabung dengan komunitas olahraga atau senam untuk melatih gerakan-gerakan fisik sesuai kondisi fisik.

sumber : https://lifestyle.kompas.com/read/2015/01/27/152934323/Orang.Tua.Tak.Perlu.Olahraga..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *